Teknologi Hologram Apa Perkembangannya ?

Apa Sebenarnya Teknologi Hologram Itu?

Teknologi Hologram – Hologram yakni produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik.

Dan kemudian menyajikannya dalam bentuk tiga dimensi.

Hologram dari berbagai bentuk sudah timbul selama bertahun-tahun, termasuk hologram transmisi, dan hologram pelangi, mirip yang dipakai pada kartu kredit dan SIM untuk meningkatkan keselamatan.

Hologram dari aneka macam bentuk sudah timbul selama bertahun-tahun, tergolong hologram transmisi, dan hologram pelangi, mirip yang digunakan pada kartu kredit dan SIM untuk mengembangkan keamanan.

Siapa Ya, Yang Menemukan Teknologi Ini? 

Teknologi hologram tidak terlepas dari tugas Dennis Gabor, fisikawan asal Hungaria yang lahir pada tahun 1900.

Gabor mengawali pendidikannya di bidang fisika dikala berumur 15 tahun 

kemudian menjadi seorang ilmuwan di Inggris.

Gabor memperoleh teknologi hologram secara tidak sengaja saat bekerja di perusahaan British Thomson Houston. Saat itu, 

Gabor sedang meneliti bagaimana memperbaiki mikroskop elektron.

Gambar hologram statis tiga dimensi pertama kali dibuat pada tahun 1960-an sesudah sinar laser ditemukan.

Apakah Teknologi Hologram Itu Nyata?

Hologram itu ternyata sedekat dompet kalian semua loh. 

Kok mampu?

Sebagian besar SIM tergolong hologram, serta kartu ID dan kartu kredit. Hologram bahkan bisa didapatkan di seluruh rumah kita. Hologram tiba selaku bab dari CD, DVD, Blu-Ray, dan Kemasan Perangkat Lunak.

Bagaimana Cara Kerja Hologram?

Membuat suatu hologram, Anda perlu merekam objek dengan sinar laser dan menerapkan gunjingan tersebut ke media perekaman yang mau membersihkan dan memperjelas gambar.

Sinar laser dibagi menjadi dua dan diarahkan dengan cermin. Salah satu sinar diarahkan ke objek. Sebagian cahaya dipantulkan dari objek dan direkam pada medium.

Kedua sinar laser ini saling berinterferensi dan berpotongan. Pola interferensi dicetak pada media perekaman untuk menciptakan ulang gambar 3D.

Apa Itu Hologram 3D?

Hologram 3D datang ke dalam hidup kita. Hologram 3D yakni objek yang bekerjsama tidak “ada”, tetapi terlihat seperti itu, mengambang di udara atau bangkit di permukaan terdekat. “Augmented reality” (AR) ini merupakan revolusi yang sedang berjalan.

Microsoft memiliki headset HoloLens, Apple memakai ARKit, dan Google menghadirkan hologram di ARCore. Teknologi menyanggupi pasar teknologi, dan perusahaan besar TI berlomba untuk mendominasi pasar AR.

Sebuah hologram yang diproyeksikan di sebuah ruangan mampu memperlihatkan mobil rancangan 3D, mirip betul-betul ada di sana. Presentasi 3D untuk rapat dan konferensi akan menawan penonton. Dan bagaimana dengan telepresence holografik? Ya, hologram Anda semua diproyeksikan ke ruang pertemuan ribuan mil jauhnya!

Apa yang paling ditunggu oleh para teknofilia ialah tampilan hologram 3D untuk smartphone yang memproyeksikan hologram pada atau di atas permukaan layar. Samsung dan LG sudah berbagi teknologi ini selama beberapa tahun, tetapi mereka merasa pemberian hologram 3D untuk smartphone masih beberapa dekade lagi.

Hologram Di Masa Depan!!

Berikut yakni beberapa cara penggunaan Hologram di periode sekarang :

> Pemetaan Militer

Kecerdasan geografis sangat penting untuk seni manajemen militer. Gambar holografik dimensi sarat digunakan untuk pengintaian yang lebih baik.

> Medis

Holografi sedang dalam perjalanan untuk merevolusi kedokteran. Ini mampu menjadi alat untuk memvisualisasikan data pasien dalam melatih siswa dan jago bedah. Sistem saat ini seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan pemindaian ultrasound menghasilkan data kompleks memakai teknologi pencitraan canggih. Teknologi ini mempunyai kesanggupan untuk membuat hologram 3D sarat warna yang dihasilkan komputer.

> Seni

Seniman mulai bereksperimen dengan holografi dikala itu menjadi proses gampang. Ada seniman di seluruh dunia yang menggunakan hologram tiga dimensi untuk membengkokkan dan memangkas ruang, menggabungkan koleksi gambar membisu atau video untuk menciptakan karya 3D animasi, dan untuk memahat cahaya murni.

Kesimpulannya

Hologram dulunya merupakan barang fiksi ilmiah yang “tiba ke teater di akrab Anda”. Namun, penggunaan simpel teknologi holografik sudah melebihi industri film dan menjadi fitur lazimdalam kehidupan kita sehari-hari.

Bayu Gumelar
Bayu Gumelar
Articles: 71

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *