Tata Cara Erp: Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Keuntungannya

Sistem ERP yaitu salah satu jenis tata cara erp info yang banyak dipakai oleh beberapa perusahaan IT dan startup untuk berbagi dan mengorganisir proses bisnis secara tepat mirip pengelolaandalam produksi, proyek, SDM, sampai pada pengelolaan keungan.

Tentunya, untuk anda yang belum mengetahui atau sedang merintis bisnis startup IT di Indonesia, anda perlu mencoba menerapkan tata cara ERP sini. Berikut, kami akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan ERP system.

Apa itu Sistem ERP

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara kerja dan fungsi dari ERP sendiri, pertama kita mesti mengetahui apa itu ERP. Sehingga, desain permulaan pengembangan metode tersebut dapat menolong anda dalam menyelesaikan aneka macam persoalan bisnis yang anda alami.

Enterprise Resource Planning atau ERP ialah metode perangkat lunak modular yang dibangun untuk mengintegrasikan fungsi utama dalam proses bisnis sebuah perusahaan ke dalam suatu metode yang terpusat dan terpadu. Tujuan utama dari adanya tata cara ini ialah supaya segala jenis kegiatan kerja bisnis dapat termonitoring dengan baik dan tersistem. 

Macam-Macam Tingkatan Sistem ERP

Di dalam metode ERP terbagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan ukuran suatu perusahaan. Berikut ialah macam – macam kategori tingkatannya:

ERP Tier I

Tingkatan metode erp pertama mendukung perusahaan berukuran global dan menangani persoalan internasional, mirip bidang keuangan, manajemen, manajemen, akuntansi, ekonomi dan lain sebagainya.

ERP Government Tier I

Tingkat ERP goverment I mendukung agensi pemerintahan skala besar. Sehingga, mendukung vendor di tingkat pemerintah pusat mirip SDM, Akuntansi dan pengadaan pemerintah.

ERP Tier II

Selanjutnya, masuk pada tingkat perusahaan berskala nasional yang berbagi produk untuk kebutuhan sebuah wilayah / daerah di dalam negara tertentu. 

ERP Government Tier II

Selanjutnya, pada tingkat selanjutnya masuk ke dalam pemerintahan, namun lebih berfokus pada kenaikan beberapa produk dan instalasi kawasan atau bersifat setempat. 

ERP Tier III

Pada tingkatan ketiga, termasuk kedalam tingkatan untuk perusahaan dengan skala menengah. Biasanya perusahaan ini ialah perusahaan rintisan mirip software house lokal yang masih bisa meningkat lagi.

ERP Tier IV

Untuk tingkatan selesai, dikhususkan untuk perusahaan berskala kecil, dan biasanya sering tidak diamati sebagai tata cara ERP oleh profesional TI.

Fungsi Sistem ERP

Terdapat beberapa fungsi dari penerapan Enterprise Resource Planning untuk keperluan bisnis perusahaan, utamanya dalam bidang IT. Berikut merupakan beberapa fungsi dari Software ERP:

Membantu proses kolaborasi

Dengan memakai tata cara tersebut, akan menolong proses kerja bisnis perusahaan anda makin lebih efektif dan efisien. Setiap tim atau departemen mampu mengerjakan tugas dan masukan dari client.

Dapat meningkatkan tampilan bisnis anda

Tentu produk yang bermutu dan terjamin, dapat memajukan performa bisnis perusahaan. Bagi perusahaan IT, berbagi aplikasi yang mempunyai performa dan penampilan yang menarik menarik ialah suatu pencapaian yang luar biasa. Namun, perlu diketahui juga, bahwa kebutuhan akan bisnis untuk meningkatkan laba juga diperlukan. 

Meningkatkan sistem keamanan data

Tentu saja, anda juga tidak mengharapkan kalau aplikasi atau produk yang telah dirilis mengalami peretasan secara ilegal. Dengan menggunakan ERP system, bisa untuk menganalisis dan menimbang-nimbang beberapa fitur sistem keamanan untuk melindungi isu yang bersifat personal atau data perusahaan. 

Mengurangi biaya operasional perusahaan

Salah satu fungsi ERP ialah dengan menerapkan sistem ini, biaya operasional perusahaan juga berkurang. Karena, dalam menerapkan ERP Software, setiap kebutuhan akan layanan aplikasi atau konten.

Membuat proses perencanaan bisnis yang lebih akurat, dan sempurna

Seiring berkembangnya teknologi terkini, proses penyusunan rencana bisnis sangat diperhatikan, agar tingkat traffic yang diberikan mampu  meningkat. Penerapan metode ERP terbukti cukup efektif untuk menangani penyusunan rencana bisnis pada perusahaan IT.

Apa yang dimaksud dengan sistem ERP?

ERP adalah sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan. Dengan sistem ERP memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama.

Bagaimana konsep kerja ERP system?

Cara kerja Enterprise Resource Planning memungkinkan data dari berbagai departemen dibagikan dan diakses oleh semua orang di organisasi. Jadi, ERP menyatukan semua orang di satu sumber. Ini tak hanya menyederhanakan proses dan mengurangi waktu kerja, tetapi juga membuat bisnis memiliki keunggulan kompetitif.

Apa yang dimaksud dengan ERP dan berikan contohnya?

Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis dalam suatu kesatuan yang terintegrasi seperti marketing, produksi, pembelian dan accounting dan menyimpan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan serta menyediakan manajemen reporting tools.

Manfaat Sistem ERP

Sistem ERP ialah salah satu sistem isu yang memberi banyak kemudahaan dalam pengelolaan proses bisnis secara cepat. Salah satu manfaat dari menggunakan sistem erp yakni dapat mempercepat proses pengembangan perangkat dan administrasi data. berikut ialah klarifikasi tentang beberapa faedah dari tata cara ERP :

Dapat mengintegrasikan data keuangan

Ketika perusahaan bergerak pada bidang keuangan, pasti laporan data terkait administrasi akan sungguh rumit untuk dijalankan, tetapi dengan mengintegrasikan keperluan aplikasi ERP akan mempermudah dalam pencarian data dikarenakan database yang telah terpusat dan update.

Mempercepat proses pengembangan perangkat lunak

Kemudian, manfaat dari ERP yakni proses pengembangan aplikasi mampu dilakukan dengan baik dan cepat. Sistem ini mempunyai kelebihan dalam proses penyusunan rencana yang tepat, sehingga mampu untuk berkompetisi dengan perusahaan atau kompetitor lain.

Memanajemen akun dan data konsumen

Kebutuhan akan data akan senantiasa meningkat, sehingga perlu adanya manajemen tata cara yang baik dan terpadu. Salah satu cara yang sering dipakai saat ini ialah dengan menerapkan desain ERP pada perusahaan atau startup IT. Dikarenakan, proses pengelolaan data dan berita terkait konsumen akan memerlukan waktu yang cukup usang, kalau tidak diikuti dengan tata cara perancangan basis data yang tepat.

Mengelola kebutuhan Human & Resource (HR)

Perlu adanya sistem atau pihak yang berhubungan dengan proses pengelolaan insan dan sumber daya perusahaan. Dengan memakai tata cara ini, dibutuhkan bisa untuk membantu tugas dari seorang HR dalam memonitoring segala kegiatan yang bekerjasama dengan perusahaan.

Membuat aneka macam laporan dengan sempurna dan terpusat

Setelah berhasil merilis dan menciptakan produk layanan modern, faedah yang terakhir adalah mampu menolong untuk menciptakan sebuah laporan dengan waktu pembuatan yang lebih singkat dan efisien. 

Contoh Aplikasi ERP Terbaik 

Berikut ini merupakan pola metode ERP terbaik di Indonesia untuk memperbesar pengetahuan anda mengenai implementasi dari Enterprise Resource Planning

  1. Idempiere ERP
  2. Odoo ERP
  3. Oracle E-Business
  4. ECount ERP 
  5. FinancialForce ERP
  6. WorkWise ERP
  7. ERP Next
  8. People 
  9. Microsoft Dynamic AX
  10. Deltek Vision

Kesimpulan

Sistem ERP adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kebutuhan proses bisnis perusahaan menggunakan suatu sistem yang terpusat. Terdapat berbagai macam tingkatan ERP yang dikelompokkan berdasarkan volume perusahaan.

Tujuan dari adanya aplikasi ERP yakni supaya proses bisnis yang dilaksanakan dapat berlangsung dengan efektif, efisien, tepat guna, dan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dana atau sumber daya suatu perusahaan. 

Manfaat ERP adalah mampu dipakai untuk bidang keuangan, manajemen, administrasi, dan bidang yang lainnya.

Bayu Gumelar
Bayu Gumelar
Articles: 71

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *