React Native : Ini Penjelasan Singkatnya

React Native merupakan suatu framework berbasis JavaScript yang dipakai untuk meningkatkan aplikasi mobile di dua metode operasi secara bersama-sama, yaitu Android dan iOS. React Native sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 oleh Facebook dan bersifat open source.

Dalam pengembangannya, tidak memerlukan pengerjaan aplikasi hybrid. React Native juga bisa untuk mengkompilasi sebuah aplikasi ke dalam native code, baik pada Android maupun iOS. Makara tidak butuhuntuk bikin banyak versi yang kompatibel dengan setiap system operasi. Ada beberapa hal yang bikin React Native begitu banyak dipakai oleh Mobile Developer, seperti:

  • Tidak banyak memakan banyak waktu karena cuma memerlukan satu arahan untuk menciptakan aplikasi bisa berlangsung di dua system operasi, ialah iOS dan Android.
  • Menggunakan Library JavaScript React

Kemudian untuk menambah hal diatas, Instalasi React Native sangat gampang dengan Package Installer, dan menyediakan komponen siap pakai.

Lalu ada beberapa Keunggulan yang bisa ditemukan bila seorang Mobile Developer menggunakan React Native bila ingin menciptakan sebuah Aplikasi, ialah :

  1. Tidak Membutuhkan Resource yang banyak
  2. Menghemat Waktu Pengembangan
  3. Dikarenakan tidak perlu membuat model yang berlainan untuk setiap OS
  • Mendukung Penggunaan Library dari Luar
  • Contohnya mirip plugin React Native  PhosporIcons, React Native Gifted Spinner, React Native Toast.
  • Meningkatkan Performa Aplikasi yang Dikembangkan dan
  • Dapat melakukan Refresh aplikasi dengan secepatnya.

Kemudian Kekurangan saat ini yang ada pada React Native yakni:

  1. Masih Membutuhkan Kemampuan Native

Masih Membutuhkan setidaknya sedikit pengertian code untuk prosesor tertentu ibarat Android atau iOS

  • Masih Sering Melakukan Update,

Dikarenakan Umurnya yang masih 6 tahun, React Native masih sering melakukan update sehingga kadang bisa bikin komponen yang sedang dipakai datang tiba tidak kompatibel.

Jadi untuk kesimpulannya yakni React Native merupakan suatu framework yang memakai bahasa pemrograman JavaScript untuk berbagi aplikasi berbasis Android dan iOS. Kelebihan nya yakni Tidak Membutuhkan Resource yang Banyak, Menghemat Waktu Pengembangan dan mampu memajukan penampilan aplikasi.

Bayu Gumelar
Bayu Gumelar
Articles: 71

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *