pemrograman web adalah

Pemrograman Web Adalah? Pengertian & Perkenalan

Halo Guys Comback lagi dengan gw Losergeek kali ini gw akan membahas tentang Pemrograman Web Adalah? Pengertian & Perkenalan. Jadi Sobat Codingers Siap ga nih buat Pemrograman Web Adalah? Pengertian & Perkenalan ini? Bakal asik loh. ikuti terus ya…

Pemrograman web adalah proses penulisan kode atau bahasa pemrograman taraf tinggi buat membentuk sebuah situs web.

Program atau situs web yg terbentuk berdasarkan pemrograman web baru akan sanggup menaruh fakta berdasarkan laman browser yg diakses memakai koneksi internet. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu menyimak ulasan mengenai pemrograman web berikut ini.

Pengertian Pemrograman Web Adalah ?

Berdasarkan struktur katanya, pemrograman web terdiri menurut 2 kata, yaitu pemrograman yg merupakan sekumpulan perintah yg diciptakan seorang supaya manusia membantu manusia lainnya buat membentuk acara. Sementara itu web diartikan menjadi asal warta yg bisa diakses hanya menggunakan memakai jaringan personal komputer yg terhubung menggunakan internet

Bentuk warta yg asal menurut web itu bermacam-macam, mulai menurut teks, gambar, audio, video sampai animasi. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa pemrograman web merupakan instruksi buat bisa membentuk acara atau situs web yg sanggup ditampilkan menggunakan memakai browser melalui jaringan internet.

WWW dan HTTP adalah?

Berbicara tentang web: istilah www sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. World Wide Web atau yang lebih dikenal dengan singkatannya www, pada dasarnya merupakan jenis layanan internet yang lebih familiar bagi masyarakat umum. Bahkan pengguna Internet www.www yang tidak berpengalaman kemudian dapat menghubungkan beberapa situs web satu sama lain, secara alami menghasilkan lautan informasi.

Sintaks HTML dapat digunakan untuk memuat berbagai jenis konten, mulai dari teks, gambar, audio, video hingga animasi.

Internet tidak hanya sebagai tempat penyampaian informasi, tetapi juga berfungsi sebagai alat komunikasi, seperti halnya email, tempat dimana bisnis dilakukan melalui berbagai website e-commerce yang sekarang tersedia.

Sementara itu, ketika berbicara tentang HTTP, satu hal yang harus ketahuilah bahwa HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), seperti namanya, adalah protokol
yang dirancang untuk mentransfer dokumen melalui layanan Internet www.HTTP, yang pada dasarnya berisi semacam protokol ringan yang generik dan tanpa kewarganegaraan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis dokumen.

Sebagai protokol, HTTP akan menjadi penghubung antara klien dan server.Klien HTTP, mis. Browser web, misalnya, mulai membuat permintaan dengan menghubungkan TCP/IP ke port tertentu.

Server HTTP yang mendengarkan pada port yang terhubung menunggu klien mengirim kode permintaan diikuti dengan pesan MIME yang terdiri dari serangkaian informasi kode. Header yang kemudian menjelaskan aspek dari kode permintaan, lengkap dengan badan beberapa data. Protokol HTTP sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1990 oleh pada layanan WWW Internet.

Saat itu protokol yang digunakan adalah HTTP dengan versi 0.9 yang masih memuat protokol pengiriman dokumen mentah, yang dalam hal ini berarti data dokumen dikirim langsung sesuai dengan isi dokumen yang dikirim, apapun jenis dokumennya.

Munculnya protokol HTTP pada tahun 1996 yang dikenal dengan HTTP versi 1.0.Perubahan ini dapat digunakan untuk mengakomodasi berbagai jenis dokumen yang dikirim bersama dengan pengkodean yang digunakan saat mengirim data dokumen.

Sementara itu, versi baru HTTP, yang dikenal sebagai versi 1.1, dirilis pada tahun 1999, lengkap dengan kemampuan merekam dari proxy. , cache, dan koneksi persisten.

Versi Web

Selain HTTP, yang memiliki versi berbeda berdasarkan peningkatan fitur tahunan, ada juga teknologi web mulai dari generasi pertama hingga ketiga.

Web 1.0

Seperti namanya, Web 1.0 adalah generasi pertama dari teknologi web. Teknologi situs web ini umumnya dirancang dan dikembangkan untuk memfasilitasi akses informasi dan sedikit interaktif. Secara umum, situs belanja online dan situs berita online termasuk dalam kategori teknologi web generasi pertama ini.

Web 2.0

Teknologi web generasi kedua ini mengutamakan kemampuan berbagi informasi secara online. Salah satu elemen utama dari teknologi web generasi kedua ini adalah aplikasi yang dapat memanfaatkan efek jaringan untuk menarik lebih banyak pengguna aplikasi.

Secara umum, situs jejaring sosial secara inheren lebih interaktif antar pengguna. Pengguna situs web menggunakan teknologi web generasi kedua ini.

Web 3.0 / Semantic Web

Teknologi web generasi ketiga ini sebenarnya masih menjadi perdebatan, karena pengertian teknologi web masih berbeda, ada yang berpendapat bahwa teknologi Web 3.0 adalah layanan akses mobile broadband ke layanan web, yang isinya adalah perangkat lunak dengan properti proprietary. yang menyebutnya dengan istilah Semantic Web.

Ini juga dikenal sebagai teknologi web yang tidak hanya memiliki konten web yang dapat dipahami oleh manusia tetapi juga diinterpretasikan oleh perangkat lunak, sehingga proses integrasi informasi menjadi lebih mudah. Ada sejumlah standar yang digunakan untuk membangun web semantik, seperti: B. XML, Skema XML, RDF, OWL dan SPAROL.

5 Jenis Pemrograman Web Paling Dasar

HTML

Salah satu jenis pemrograman web adalah HTML, yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language, bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat halaman web agar dapat diakses dan berbagai jenis konten dilihat melalui perantara internet browser, dengan yang lain, file dengan yang lain.

Situs web internet atau di komputer melalui localhost. HTML juga bisa disebut sebagai inti dari sebuah halaman website, jadi tidak heran jika anda ingin menjadi seorang programmer, anda harus mengenal HTML terlebih dahulu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jenis pemrograman web ini cukup mudah dipelajari asalkan Anda sudah tahu cara menggunakan browser internet.

CSS

Berbicara tentang CSS (Cascading Style Sheet), maka tidak terlepas dari desain nama pada sebuah website. CSS adalah jenis pemrograman web yang dapat mengatur berbagai komponen di situs web dengan cara yang membuatnya terlihat terpadu dan lebih terstruktur secara alami. Dengan memahami cara kerja CSS, Anda dapat membuat situs web yang terlihat rapi dan terstruktur, tergantung pada apa yang Anda inginkan dari sebuah situs web.

Sama seperti HTML, gaya pemrograman web CSS ini termasuk dalam kategori mudah dan karenanya mudah dipelajari. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa HTML dan CSS tidak benar-benar berisi jenis pemrograman web karena hanya pernyataan sederhana, jadi ada juga yang menyebutnya bahasa kode.

PHP

Beralih ke PHP, yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, bahasa yang dapat Anda masukkan ke dalam HTML. Beberapa orang berpikir bahwa PHP adalah cara pemrograman web yang nyata karena dianggap murni penggunaan bahasa pemrograman komputer.

Fungsi PHP ini umumnya digunakan untuk merancang program pada sebuah website, misalnya untuk mengatur alur logika, mengolah hasil bentuk HTML dan juga untuk menghubungkan ke database seperti MySQL.

Pada umumnya website yang dibuat dengan jenis web programming ini adalah website yang kaya fitur, seperti website portal berita, yang biasanya memiliki 80.000 website. Itu dibangun dengan kode PHP. Jika Anda ingin menguasai jenis pemrograman web ini, Anda harus mempelajari terlebih dahulu berbagai materi yang termasuk dalam jenis dasar pemrograman web.

MySQL

MySQL adalah salah satu jenis pemrograman web yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau lebih dikenal dengan database. Sistem manajemen data berbasis SQL ini adalah perangkat lunak multi-pengguna, multi-utas.

Dibandingkan dengan server database lainnya, MySQL merupakan server database dengan pengguna terbanyak.Jika Anda tertarik untuk mempelajari MySQL, Anda perlu mempelajari serangkaian materi dasar seperti memilih, menyisipkan, memperbarui, menghapus, dll. Sedangkan untuk berbagai jenis materi lanjutan yang akan dipelajari, seperti B. Lihat, Prosedur Tersimpan, dan Pemicu.

JavaScript

Jika Anda ingin mempelajari pemrograman web secara mendalam, mempelajari JavaScript tidak kalah pentingnya. Pemrograman web jenis ini juga terdapat dalam bahasa pemrograman murni, yang umumnya digunakan untuk mendesain halaman web yang lebih interaktif, sehingga dapat juga digunakan untuk membuat game online, berbasis web, termasuk animasi.

Itulah ulasan lengkap mengenai pemrograman web yang perlu Codingers ketahui, baik dari segi definisinya hingga sejumlah tips yang bisa membuat Codingers semakin ahli dalam pemrograman web.

Terimakasih sudah Mantengin terus pembahasan kali ini sobat Codingers. Next Mimin bakal bahas Cara Membuat Website Dengan Coding, Terbaru 2022. Pantengin terus sobat Codingers……

Website | + posts