Membicarakan Lebih Dalam Perihal Apa Itu Web Portal

Apa itu Web Portal? 

Web portal ialah website yang dipakai untuk tujuan tertentu dan mengarahkan pembaca agar melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi pada situs situs web tersebut. Secara teknis, portal ialah penyedia layanan informasi khusus untuk menarik perhatian pembaca supaya masuk pada halaman situs web yang dicari, serta dapat diakses melalui berbagai perangkat mirip desktop, mobile, dan tablet.

Fungsi Web Portal

Tentunya di dalam proses pengerjaan web portal sendiri memiliki maksud dan tujuan khusus di dalamnya. Berikut merupakan beberapa tujuan atau goals dari pembuatan suatu portal.

Sebagai Strategi Bisnis di Era Teknologi Digital

Dalam pembuatan situs situs web sendiri, tujuan utama adalah meningkatkan keuntungan. Terutama bagi anda yang bergerak di bidang bisnis, pengembangan situs web juga memperlihatkan imbas kasatmata bagi peningkatan profit bisnis dan perjuangan yang sedang dikembangkan. Terbukti dikala ini, banyak sekali perusahaan baik negeri maupun swasta, startup, dan organisasi yang menggunakan dukungan website sebagai media promosi bagi bisnisnya.

Hal tersebut selaras dengan tujuan dibuatnya web portal yang mempunyai tujuan penting dalam membangun suatu bisnis. Biasanya, konten atau isi dari sebuah website disesuaikan dengan kebutuhan user serta produk layanannya. 

Memberikan Informasi Khusus untuk Menarik Minat Pembaca

Selanjutnya, web portal juga memberikan berbagai isu menarik dan sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan. Misalnya saja, terdapat situs laman terkait dengan bidang kesehatan. Di dalamnya, menerangkan mengenai produk kesehatan dan alat kesehatan terbaru yang disediakan dengan harga promo. Nah, disitulah web memegang peranan dalam menarik perhatian pembaca untuk masuk dalam website tersebut. 

Yang perlu digaris bawahi disini ialah penggunaan suatu portal web harus berisi data yang valid dan benar adanya. Ketika anda menciptakan sebuah situs dengan menampilkan isu yang artifisial atau tidak valid kebenarannya, maka akan memberikan imbas negatif secara tidak pribadi pada bisnis dan produk anda.

Strategi Marketing untuk Membantu Meningkatkan Traffic di Mesin Pencari

Selain dari tujuan bisnis dan penyampaian isu, portal web juga digunakan untuk fasilitas marketing (pemasaran). Banyak sekali hal yang perlu disediakan untuk dapat meningkatkan traffic atau lalu lintas di mesin pencari (browser). Strategi marketing banyak yang digunakan untuk memajukan cakupan skala user dari setempat sampai bisa meraih pangsa nasional, sampai internasional.

Perlu adanya pendekatan khusus terkait marketing, sehingga dalam pembuatan website juga membutuhkan sebuah meningkatkan secara optimal yang dapat mendukung meningkatnya traffic dengan memakai SEO. Kemudian, senantiasa menyesuaikan kata kunci dalam penelusuran sesuai dengan sasaran user yang anda cari. 

Jenis – Jenis Web Portal 

Berikutnya, membahas perihal jenis web portal yang umum anda temukan pada mesin telusur. Jika dilihat dari sisi service, dibagi menjadi dua bagian:

Portal Vertikal

Portal vertikal yaitu jenis portal situs web yang menawarkan gosip khusus atau terbatas pada satu topik saja. Misalnya, portal game, portal kesehatan, portal life-style, dll.

Portal Horizontal

Portal Horizontal ialah jenis portal website yang memperlihatkan informasi secara umum dan dapat diakses oleh setiap orang. Pada umumnya membicarakan perihal info terkait bisnis dan layanan produk.

Contoh Web Portal

Pembahasan berikutnya merupakan beberapa pola mengenai web portal di Indonesia. Banyak sekali portal yang dibentuk baik dalam bidang teknologi, isu, kesehatan, bisnis, olahraga, info, dll. Contoh portal web berita terbaik di Indonesia ialah Detik.com, Kompas.com, CNN Indonesia, Tribunnews, Kompasiana, Liputan6.com, Kapanlagi.com, Merdeka.com, Okezone.com, dan portal lainnya.

Keuntungan Membuat Portal Website

Sebuah portal situs web juga memiliki keunggulan yang mampu dirasakan, khususnya bagi pengembang situs web tersebut. Berikut ialah laba dari web portal:

Membantu Dalam Meningkatkan Strategi Marketing Dan Bisnis

Dengan adanya suatu portal, maka proses penjualan produk atau layanan mampu lebih gampang termonitoring, dan ternavigasi dengan baik. 

Memudahkan Pengguna dalam Mencari Sumber Informasi Yang Relevan

User akan lebih gampang menerima informasi dengan terang, cepat, dan akurat. Sehingga proses penyampaian berita lebih tersampaikan dengan sempurna sesuai dengan kebutuhan dari user.

Meningkatkan Traffic Hadirin website

Tujuan selesai dari pembuatan portal sendiri ialah mendapatkan total traffic yang banyak dengan konversi rate yang besar juga.  Sehingga, mampu mengembangkan Website Authority anda. 

Perbedaan Website dan Portal

Perbedaan mendasar dari website dan portal yaitu dari sisi tujuan pembuatannya. Apabila anda berfokus pada kenaikan traffic tentang produk yang anda tawarkan, anda harus menjajal dengan menciptakan suatu web portal. Akan namun, kalau anda ingin membangun merk atau profil perusahaan anda, maka website merupakan pilihan yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut. 

Kesimpulan

Web portal yaitu situs laman yang menampilkan info khusus terhadap pengguna dan menghipnotis pembaca untuk masuk pada situs tersebut. Tujuan dari pengerjaan portal sendiri yaitu dari segi bisnis. 

Jenis web portal bila dilihat dari segi layanan, maka dibagi menjadi dua jenis. Pertama ialah portal vertikal yang menawarkan gosip terbatas dan dengan topik khusus. Kedua yakni portal horizontal yang menawarkan informasi dan info secara umum terhadap pengguna. 

Contoh dari penggunaan portal website di Indonesia dapat berupa portal web isu, kesehatan, bisnis, teknologi, pola hidup, dan lain sebagainya.

Bayu Gumelar
Bayu Gumelar
Articles: 71

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *