Kalian Harus Tahu Desain Grafis Itu Apa

Desain Grafis – Saat ini perkembangan teknologi semakin maju dari tahun ke tahun. Hal ini membuat informasi lebih mudah diakses.

Dengan berkembangnya teknologi telepon seluler, aplikasi telepon seluler juga berkembang. Salah satunya adalah pada aplikasi jejaring sosial.

Penduduk Indonesia Januari 2019 sebanyak 268,2 juta orang, pengguna aktif media sosial telah mencapai 150 juta pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% penduduk Indonesia menggunakan jejaring sosial.

Desain Grafis

Desain Grafis

Melihat besarnya potensi pengguna media sosial di Indonesia saat ini, beberapa pihak mulai memanfaatkannya. Salah satunya untuk tujuan periklanan dan pemasaran produk melalui berbagai platform media sosial.

Selain untuk tujuan periklanan, perusahaan/instansi saat ini juga mulai menggunakan media sosial secara luas untuk mempresentasikan atau meningkatkan citra diri perusahaan/instansi mereka kepada masyarakat umum.

Penting! Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Perlu Jasa Desain Grafis

Salah satu bentuk konten di jejaring sosial adalah konten gambar. Konten ini lebih menarik untuk ditonton daripada konten berupa tulisan atau video yang membutuhkan waktu untuk mencerna informasi di dalamnya.

Namun, banyaknya konten gambar di media sosial juga bisa dengan cepat membuat pengguna media sosial bosan.

Akibatnya minat mempelajari informasi melalui gambar di jejaring sosial akan berkurang jika gambar atau ilustrasi yang ditampilkan tidak terlalu menarik. Desain grafis dapat membantu pembuat konten membuat desain mereka lebih menarik.

Menurut wikipedia, desain grafis atau desain grafis adalah proses komunikasi yang menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, dan ilustrasi, yang bertujuan untuk menciptakan persepsi terhadap pesan yang disampaikan. Bidang ini mencakup proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Desain komunikasi visual menuntut desainer tidak hanya memahami cara membuat grafik, tetapi juga memahami konteks yang akan diproses.

Desain bisa “wow”, tapi jika tidak ada makna dan pesan yang bisa langsung tersampaikan, maka hasilnya akan sia-sia.

Lagi Belajar Desain? Simak Deh Prinsip Desain Grafis Ini

Dalam desain grafis, bentuk desain dipengaruhi oleh beberapa hal. Bentuk desain ini pasti akan mempengaruhi bagaimana pembaca akan menangkap isi pesan yang ingin disampaikan oleh desainer. Beberapa hal yang mempengaruhi bentuk desain adalah:

Pembaca dari kelompok sosial tertentu akan memiliki pemahaman yang berbeda ketika melihat desain grafis dibandingkan dengan kelompok sosial lainnya.

Pembagian desain dibagi menjadi 2 yaitu untuk pihak internal dan eksternal. Desain yang dibuat untuk kebutuhan internal dalam suatu perusahaan/lembaga tentunya akan berbeda dengan desain yang dibuat untuk kepentingan pihak eksternal.

Tidak hanya sifat informasinya saja yang berbeda, pemahaman terhadap informasi yang disampaikan juga akan berbeda antara kedua belah pihak.

Desain Grafis

Rentang usia menentukan tingkat pemahaman informasi desain yang ingin disampaikan. Secara umum, generasi milenial sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap informasi dan berita terkini dibandingkan generasi tua.

Selain itu, minat kaum milenial terhadap desain postingan media sosial sangat bergantung pada gaya atau bentuk desain yang ditampilkan.

Tren Desain Grafis Yang Menginspirasi Untuk Tahun 2022

Tema desain akan menentukan bagaimana hasil akhir desain akan dibuat. Misalnya untuk tema pendidikan, desain unggulan dapat menampilkan ilustrasi berupa alat tulis atau hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Sedangkan waktu penerbitan desain sendiri dapat dibagi menjadi dua bagian, apakah desain harus segera diterbitkan atau publikasi dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Bentuk desain publikasi dapat berupa publikasi cetak maupun digital. Untuk desain yang berbentuk publikasi cetak, format pemilihan warna bisa menggunakan format CMYK, sehingga warna yang ditampilkan saat mendesain akan sama dengan warna yang dihasilkan saat dicetak.

Di sisi lain, jika desain hanya dipublikasikan secara digital, desainer dapat menggunakan format warna RGB. Format warna ini memungkinkan desain memiliki lebih banyak pilihan warna daripada format CMYK.

Saat ini, platform untuk menampilkan atau menerbitkan desain bervariasi. Misalnya untuk platform media sosial ada Instagram, Facebook dan Twitter.

Masing-masing platform tersebut memiliki format dan aturan tersendiri tentang konten apa saja yang boleh diunggah dan bagaimana memaksimalkan desain konten.

Sifat desain bervariasi, tergantung pada tema desain. Misalnya desain untuk menginformasikan penyerapan anggaran negara, maka desain yang digunakan wajar menggunakan desain formal.

Belajar Desain Grafis Mudah Dan Cepat Untuk Pemula

Agar desain menarik perhatian pembaca, desainer harus memperhatikan komposisi dan elemen desain. Mengikuti prinsip hierarki dalam desain grafis sehingga desain yang dihasilkan bisa menarik.

Ukuran objek dalam desain yang lebih besar belum tentu efektif dalam mencoba menyampaikan informasi dari desain.

Pada dasarnya, elemen yang lebih besar dalam sebuah desain akan menarik lebih banyak perhatian daripada elemen yang lebih kecil.

Memperhatikan ukuran objek dalam desain akan menciptakan keseimbangan dalam desain. Selain itu, juga dapat meningkatkan fokus pembaca.

Warna kontras biasanya akan menarik perhatian pembaca lebih dari warna kusam. Dengan memadukan warna yang tepat, desainer dapat meningkatkan fokus pembaca, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Desain Grafis

Penataan huruf besar dan kecil serta susunan kata penulisan akan menentukan minat pembaca dalam memahami isi desain.

Menggunakan font yang terlalu kecil dan cenderung “berantakan” akan mengurangi minat pembaca dalam memahami isi desain.

Hirarki tipografi yang dibuat dari teks dengan ukuran, bobot, dan spasi yang berbeda atau kombinasi dari setiap elemen akan menciptakan komposisi keseluruhan yang mudah dibaca dan dipahami.

Desain Grafis: Pengertian, Jenis, Dan Tugasnya

Desain yang dapat dibaca dengan baik adalah desain yang memiliki ruang kosong. Desainer harus mampu menata dan menata komposisi elemen dalam desain agar desain memiliki ruang bebas.

Ruang kosong ini berfungsi untuk memberikan “ruang bernafas” bagi penonton agar dapat fokus pada elemen informasi desain.

Saat melihat sebuah desain, audiens akan cenderung memindai halaman dengan pola tertentu. Berikut ini adalah beberapa pola umum yang sering digunakan kebanyakan orang saat memindai informasi, terutama dalam bentuk infografis.

Pola ini dilakukan dengan memindai halaman dari kiri ke kanan di bagian atas dan mengulangi setiap baris teks hingga mencapai bagian bawah halaman.

Pola ini dilakukan dengan memindai halaman secara cepat dari kiri atas ke kanan, lalu ke kiri bawah, dan terus berulang hingga mencapai bagian bawah halaman.

Aplikasi Desain Grafis Yang Wajib Dikuasai Oleh Pekerja

Ruang negatif tidak hanya membuat informasi lebih mudah dicerna oleh pembaca, tetapi juga menciptakan fokus dengan membantu memusatkan perhatian pada elemen desain tertentu.

Bahkan desainer kreatif dapat menggunakan ruang kosong ini untuk menambahkan elemen visual tambahan ke ruang negatif ini.

Alignment adalah bagian dari struktur dimana elemen-elemen ditempatkan dalam desain. Ini menetapkan bahwa komponen visual, baik teks atau gambar, tidak ditempatkan secara default di seluruh komposisi.

Aturan kuota memungkinkan desainer untuk menekankan gambar tertentu dengan menempatkannya di tengah-tengah grup.

Dengan menempatkan objek serupa dalam jumlah yang sama di kedua sisi titik fokus utama, hasilnya jelas menunjuk ke elemen visual terpenting yang terletak di tengah.

Desain Grafis

Pengulangan komponen dalam desain meningkatkan pemahaman dan menciptakan kesatuan. Misalnya, pengulangan beberapa font, warna, bentuk, ukuran komponen desain akan menciptakan karakteristik desain yang dibuat.

Lowongan Desainer Grafis

Garis terdepan adalah komponen berupa garis, terlihat atau tidak, dalam sebuah desain yang berfungsi untuk mengarahkan audiens untuk fokus pada objek atau hal yang ingin disampaikan dalam desain.

Leading line dapat mengarahkan pandangan penonton pada apa yang ingin ditonjolkan oleh desainer. Tidak hanya dapat digunakan dalam dunia seni dan fotografi, rule of thirds juga dapat diterapkan dalam desain.

Aturan sepertiga adalah aturan yang digunakan untuk meningkatkan keseimbangan komposisi keseluruhan. Ini dilakukan dengan membagi desain menjadi kisi-kisi di dalam desain menjadi kotak-kotak dengan sembilan kompartemen terpisah.

Dengan menggunakan perspektif, desainer dapat lebih menggambarkan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada audiens. Contohnya adalah pengaturan ukuran elemen dalam desain. Objek yang lebih besar akan tampak lebih dekat daripada objek yang lebih kecil.

Akhirnya, desain yang bagus bukan hanya tentang menjadi cantik dan terlihat bagus. Lebih dari itu, desain yang baik adalah desain yang isinya dapat dipahami dengan jelas oleh pembaca.

Selain itu, agar pembaca tetap tertarik dengan informasi yang disampaikan, akan lebih baik lagi jika aturan atau prinsip desain diperhatikan dalam membuat desain.

Desain yang menarik tidak hanya dapat menarik minat pembaca untuk mengetahui informasi yang ada di dalam desain, tetapi juga dapat memudahkan pembaca untuk mengolah informasi yang terkandung di dalamnya.

Pengaruh Desain Grafis Untuk Keberhasilan Strategi Digital Marketing

Grafis adalah seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam penciptaan gambar visual di semua permukaan.

Era sekarang bisa dibilang sebagai era digital. Seperti sekarang hampir semua orang tidak menggunakan perangkat dan internet dalam segala hal.

Inilah munculnya talenta dan pekerjaan baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya, seperti desain grafis, internet marketing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Desain Grafis

Berbicara desain grafis, talenta ini dinilai sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 dimana semuanya mengandalkan internet, jejaring sosial, perangkat komputer dan gadget sebagai medianya.

Desain Grafis: Kemarin, Kini, Dan Nanti

Seseorang yang ahli dalam desain grafis disebut desainer grafis. Untuk mengetahui lebih jauh tentang desain grafis, berikut ini adalah pengertian desain grafis menurut para ahli.

Desain grafis menggunakan elemen yang berbeda seperti penanda, simbol, deskripsi verbal yang divisualisasikan melalui tipografi dan gambar, baik melalui teknik fotografi atau ilustrasi.

Desain grafis adalah seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses menghasilkan gambar visual di semua permukaan.

Desain grafis adalah kombinasi kompleks dari teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang dapat menggabungkan elemen-elemen tersebut.

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Freelance Desain Grafis

Atau Desain grafis adalah istilah yang mengacu pada lingkungan dua dimensi atau dua dimensi (2d) yang bervariasi dalam format dan kompleksitas (Preble, Duane

Desain grafis kuliah, kursus desain grafis bersertifikat, desain grafis logo, kursus desain grafis, pelatihan desain grafis, belajar desain grafis photoshop, kelas desain grafis online, les desain grafis, tempat kursus desain grafis, kuliah jurusan desain grafis, kelas desain grafis, kursus desain grafis bekasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *