Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Web?- Desain Aplikasi Web

Desain Aplikasi WebUI dan UX, kedua istilah ini sering kita jumpai dalam industri desain grafis. Terutama jika kita ingin mendesain suatu situs web atau aplikasi, maka kita perlu memahami kedua aspek ini (desain ui ux).

Sedangkan UX merupakan singkatan dari User Experience. Istilah ini merujuk pada kesan dan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Desain Aplikasi Web

Bagaimana sebuah aplikasi harus dapat digunakan secara mudah oleh penggunanya dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Software Terbaik Untuk Mendesain Web

Jadi, aplikasi yang bagus dari segi tampilan dan juga mudah digunakan, tentunya akan memberikan kesan dan pengalaman yang menyenangkan bagi penggunanya.

Karena ketika aplikasi itu bisa diterima oleh banyak pengguna, maka secara otomatis akan dapat meningkatkan potensi penjualan dari layanan atau produk yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi yang kita gunakan sehari-hari, baik itu di smartphone, komputer, laptop, tablet, dan sebagainya semuanya tidak terlepas dari implementasi UI dan UX.

Contohnya pada aplikasi Facebook yang ada di smartphone. Tata letak atau layout seperti tombol (button), kolom komentar, menu, icon, logo, like button, teks, warna (warna), ukuran font, avatar, dan lain sebagainya itu semua merupakan bagian dari desain UI.

Tools Terbaik Untuk Membuat Desain Aplikasi Seluler

Tampilan UI yang baik harus bisa menyesuaikan dengan ukuran dan resolusi layar pada setiap perangkat (istilah ini disebut dengan responsive design).

Karena pengguna umumnya tidak hanya menggunakannya di smartphone saja. Rata-rata hampir setiap aplikasi yang ada saat ini menyediakan versi mobile dan versi desktop. Perusahaan ingin agar dapat menjangkau lebih banyak segmentasi pasar.

Nah, gambar di bawah ini adalah salah satu contoh ilustrasi dari desain UI UX Facebook versi web desktop (untuk pengguna komputer).

Desain Aplikasi Web

Bisa kita lihat, jika diperhatikan walaupun tampilan versi mobile dan desktop berbeda (untuk disesuaikan dengan resolusi layar masing-masing perangkat), tetapi semuanya dirancang agar tetap selaras di au dan juga pil

Aplikasi Website Desain Online – Point Langsung Ke Website

Nah, itu adalah satu contoh dari aplikasi Facebook. Bagaimana dengan aplikasi lainnya? Intinya sama saja, contoh lain seperti Google, YouTube, TikTok, WhatsApp, Telegram, Twitter, Instagram, Gmail, dll atau aplikasi apapun itu juga tentunya menerapkan konsep seperti ini pada layanan mereka.

Kita tahu, bahwa rata-rata kebanyakan aplikasi saat ini teredia dalam 2 versi. Yaitu versi Mobile dan versi Desktop dengan tujuan untuk menyesuaikannya dengan resolusi layar pada setiap perangkat perangkat.

Sebagai contoh di smartphone. Kita mengakses setiap menu dan navigasi halaman dengan cara menyentuh dan menggeser menggunakan jari kita (tap & swipe).

Tetapi akan berbeda ketika kita mengaksesnya di komputer atau laptop. Kita membutuhkan perangkat seperti mouse dan keyboard untuk mengoperasikannya bukan?

Aplikasi Prototype Gratis Terbaik Untuk Proses Desain Lebih Mudah

Nah, di sinilah peran dari desain UX diterapkan pada interaksi manusia dengan komputer. Atau istilah lainnya disebut dengan HCI (Human-Computer Interaction).

UX Designer harus dapat membuat rancangan desaignya yang mudah digunakan sesuai dengan masing-masing pengguna perangkat. Baik itu di perangkat seluler seperti smartphone ataupun perangkat komputer desktop dan laptop.

Bahkan, desain aplikasi saat ini juga ada di berbagai perangkat digital lainnya, seperti Smart TV atau yang terkecil skalipun seperti jam tangan Smart Watch.

Desain Aplikasi Web

Jadi dalam UX, setiap menu, icon, halaman, navigasi, dan elemen lainnya harus diperhatikan oleh desainer agar dapat terlihat dengan jelas serta mudah untuk diakses dan tidak mencengangkan pengguna.

Software Atau Aplikasi Untuk Membuat Desain Website

Meski demikian keduanya saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Desain UI penting dan bertujuan untuk menghasilkan tampilan visual yang indah dan bagus.

Nah, di mana kita bisa mempelajari desain UI UX secara mandiri? Mudah saja kok, karena tutorialnya cukup banyak bertebaran di YouTube.

Oh iya, kalau Anda sedang membutuhkan desain yang profesional untuk kebutuhan proyek Anda, jasa desain UI UX dari FastWork akan sangat membantu Anda.

Tersedia banyak desainer dan freelancer yang siap mengerjakan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Website, Mobile App, dan juga Aplikasi Desktop.

Dalam pengembangan sebuah aplikasi mobile, akan ada aspek yang perlu diperhaasi dari tamunya. Tampilan yang menarik dalam sebuah aplikasi seluler sering menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan.

Oleh karena itu, pada tips ini kita akan membahas mengenai 5 situs web yang dapat kita jadikan inspirasi sebagai Flutter Developer.

Pixel Buildwith A platform buatan Indonesia yang dapat kita miliki sebagai referensi apabila ingin menemukan inspirasi desain Pixel Buildwith Angga tidak hanya menyediakan Kit UI, tapi juga menyediakan kumpulan ikon serta ilustrasi yang menarik.

Selain desain-desain yang menarik, kita juga dapat mengunduh desain tersebut dalam bentuk file Figma. Sehingga dapat sangat memudahkan kita sebagai Developer dalam mengembangkan aplikasi kita.

Desain Web

Mungkin sebagian banyak orang sudah tahu apa itu Dribble. Dribbble merupakan situs web yang dapat menjadi platform untuk desainer dalam memamerkan karya mereka.

Selain itu, dribbble juga dapat menjadi platform untuk desainer sebagai tempat untuk memasukkan portofolio desain-desain yang telah mereka buat serta mencari pekerjaan secara online.

Oleh karena itu, Dribbble dapat menjadi platform yang tepat untuk developer juga dalam menemukan inspirasi desain yang baik jika sedang ingin mengembangkan sebuah aplikasi.

Pinterest merupakan media sosial asal Amerika yang dibuat untuk menemukan ide dalam bentuk gambar seperti resep, inspirasi rumah dan gaya, UI/UX Design dan banyak lagi.

Kita juga dapat menemukan inspirasi-inspirasi desain jika ingin mengembangkan sebuah aplikasi. Cukup ketik kata kunci seperti “UI Design” dan kita akan menemukan banyak sekali UI Design yang sangat bagus.

Uplabs merupakan sebuah platform asal California yang dapat menjadi referensi kita dalam mencari ide desain pada saat mengembangkan aplikasi.

Uplab juga menyediakan fitur dimana kita dapat mendownload Kit UI yang kita inginkan dalam bentuk File Figma, Adobe XD dan bahkan Sketch.

Desain Aplikasi Web

Collect UI merupakan platform yang menyediakan banyak sekali inspirasi Desain UI. Kita juga dapat memilih kategori UI Design sesuai dengan apa yang sedang kita pesan.

Collect UI menampilkan pilihan desain-desain atau hand pick yang berasal dari Dribbble, sehingga Collect UI hanya akan menerima desain yang berasal dari Dribbble.

Aplikasi Untuk Membuat Mockup Website Bagi Web Designer

Oke sobat dengan semangat belajar, itulah 5 website yang dapat kita referensikan ketika sedang mengembangkan aplikasi kita. Semoga tips ini bermanfaat.

Ketika membuat desain aplikasi seluler, para desainer membutuhkan beberapa alat untuk memudahkan tugas mereka.

Menggunakan tools yang tepat juga akan membantu mereka untuk menghasilkan desain aplikasi yang baik di mata pengguna.

Perlu Anda ketahui, ketika pengguna mencoba untuk mengoperasikan sebuah aplikasi mobile, hal pertama yang mereka lihat adalah tampilan desainya.

Setelah itu, mereka akan menilai apakah aplikasi Anda memiliki fitur yang mudah digunakan serta mampu memenuhi kebutuhan yang mereka cari di aplikasi yang Anda desain.

Jadi, penting bagi desainer untuk menghasilkan desain yang menarik serta mudah dioperasikan oleh pengguna.

Sampai saat ini, sudah banyak alat atau perangkat lunak yang dapat digunakan ketika membuat desain aplikasi seluler. Jika Anda adalah seorang desainer aplikasi, berikut beberapa rekomendasi alat yang dapat Anda gunakan.

Sketch adalah alat desain UI/UX untuk mengembangkan aplikasi mobile yang modern. Tool ini memiliki fitur yang mendukung seorang desainer untuk berkolaborasi dengan desainer lain untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Origami Studio — Origami Studio 3

Secara tampilan, Sketch terlihat mirip dengan software desain Photoshop. Namun Sketch memiliki lebih banyak alat desain grafis di dalamnya.

Fitur-fitur yang disediakan juga akan membantu Anda untuk menghasilkan desain yang terlihat profesional. Beberapa di antaranya seperti vector editing, zoom in ke tingkat pixel, export yang mudah, komponen yang dapat digunakan kembali, shared library, dan masih banyak lagi.

Alat ini populer di kalangan desainer karena performanya yang sangat baik. Ketika menggunakan alat ini, pengguna dapat merasakan 3 fungsionalitas dari beberapa aplikasi desain terbaik, yaitu :

Desain Aplikasi Web

Adobe Experience Design atau Adobe XD merupakan salah satu pesaing Sketch. Alat ini juga memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat wireframe, prototype, dan lain-lain.

Aplikasi Desain Terbaik

Ketika menggunakan Adobe XD, Anda dapat membuat prototipe interaktif tanpa harus terhubung dengan plugin pihak ketiga. Meskipun demikian, komponen interaktif yang bisa ditambahkan belum selengkap InVision.

Ketika menggunakan InVision, Anda dapat membuat desain aplikasi seluler yang dilengkapi dengan berbagai komponen interaktif di dalamnya.

Para desainer dapat menggunakannya untuk menambahkan animasi, transisi, gerakan, dan komponen interaktif lainnya ke dalam desain.

Dengan demikian, desainer tidak hanya dapat melihat visual saja namun juga dapat melihat tampilan desain wireframe yang terlihat lebih nyata.

Selain itu, desain yang mereka buat dari aplikasi atau platform lain juga bisa Anda unggah ke dalam InVision. Alat ini juga menjadi salah satu alat prototyping favorit para desainer karena dapat bekerja dengan cepat.

Fluid UI juga bisa menjadi tool yang Anda andalkan untuk membuat desain aplikasi seluler karena fungsionalitasnya yang lengkap.

Banyak desainer yang menganggap Fluid UI sebagai salah satu solusi platform. Dengan Fluid UI, desainer dapat memenuhi kebutuhan untuk pembuatan desain, kolaborasi, serta memudahkan komunikasi dalam tim.

Software Desain Web – Tak Perlu Merancang Dengan Coding

Fluid UI memiliki fitur kolaborasi sehingga Anda dapat membuat desain dan mengubahnya secara real time bersama tim.

Anda juga dapat membuat prototipe dan menampilkan desain Anda kepada klien untuk memperoleh umpan balik dengan cepat.

Proto.io merupakan alat berbasis web untuk membuat desain aplikasi seluler yang interaktif serta berkualitas tinggi.

Dengan Proto.io Anda juga bisa membuat transisi layar serta menentukan acara sentuh untuk setiap elemen sehingga desain dapat terlihat nyata.

Meskipun demikian, desain yang Anda buat tetap bisa dicetak untuk dipresentasikan secara tradisional.

Figma saat ini juga menjadi alat populer dikalangan para desainer. Alat ini memiliki banyak fungsionalitas yang dapat memudahkan tugas desainer aplikasi.

Desain Aplikasi Web

Figma memiliki fitur kolaborasi di dalamnya. Semua pemangku kepentingan dapat memberikan komentar atau umpan balik di dalamnya sehingga desainer dapat merancang tampilan sesuai dengan desain yang diinginkan. Fitur ini tersedia untuk mode desain atau prototype.

Figma dapat digunakan melalui browser web sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi. Untuk berbagi desain, Anda cukup membagikan link web, dan desain akan terbuka di browser rekan atau tim Anda.

Alat ini menyediakan desain yang dapat disesuaikan. Desain yang Anda buat dapat disesuaikan dengan gaya, komponen, warna, ukuran yang Anda inginkan. Setiap desain juga berisi komponen

Contoh desain aplikasi web, aplikasi untuk desain web, aplikasi desain web gratis, aplikasi desain web android, aplikasi desain interface web, aplikasi membuat desain web, aplikasi desain web online, aplikasi desain tampilan web, aplikasi web desain, aplikasi desain web offline, aplikasi untuk membuat desain web, aplikasi desain web di android

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *