belajar java script

Belajar java script untuk Pemula Terbaru 2022

Halo Guys Comback lagi dengan gw Losergeek kali ini gw akan membahas tentang Belajar java script untuk Pemula.

Java Script adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Java Script ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya cocok untuk pemula. Untuk itu, mempelajari JavaScript sangat disarankan jika Anda ingin membuat website.

Nah, Bagaimana jika sobat Codingers ingin belajar JavaScript tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? tempat yang tepat! Karena dalam artikel ini kami telah menyiapkan panduan JavaScript terlengkap.

Anda akan menemukan apa yang perlu Anda pelajari. Mulai dari hal-hal yang perlu dipahami seperti aturan pengkodean JavaScript, cara menggunakan variabel dan tipe data, hingga mempraktekkan JavaScript ini.

Gimana penaran kan Codingers? yok baca artikel ini hingga selesai!

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun situs web sisi klien. JavaScript membuat situs web Anda lebih dinamis dan interaktif. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan HTML dan CSS.

Bahasa pemrograman JavaScript adalah bahasa skrip tingkat tinggi yang diketik secara dinamis, diketik secara dinamis, dan dieksekusi oleh seorang juru bahasa. Apa artinya?

JavaScript tergolong bahasa tingkat tinggi, artinya terdapat aturan penulisan yang mirip dengan bahasa manusia, sehingga JavaScript lebih mudah dipelajari bahkan untuk pemula.

Sementara bahasa scripting berarti JavaScript adalah bahasa pemrograman yang tertanam dalam program yang lebih besar seperti browser web, yang dapat menggunakan JavaScript adalah program tersebut.

Sedangkan dynamically typed berarti variabel dalam program berkode JavaScript dapat menampung berbagai jenis data. Anda dapat mengisi variabel dengan angka dan kemudian mengubahnya menjadi huruf tanpa kesalahan.

JavaScript harus ditafsirkan oleh interpreter, yaitu diterjemahkan ke dalam bahasa yang dimengerti komputer, agar dapat berjalan, karena proses penerjemahan ini dilakukan secara otomatis oleh browser web.

Mengapa Codingers Harus Belajar JavaScript?

Berikut adalah beberapa alasan Codingers harus belajar javascript sekarang juga :

1. Open Source dan Gratis

JavaScript adalah bahasa pemrograman open source. Artinya Codingers tidak perlu meminta lisensi untuk menggunakan bahasa ini, baik untuk tujuan pendidikan atau komersial lainnya.

Terlebih lagi, JavaScript juga gratis, sehingga Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya semua fiturnya tanpa harus membeli nomor seri atau bahkan perangkat lunak khusus.

2. Tidak Memerlukan Instalasi

Seperti dijelaskan di atas, JavaScript berjalan di program lain, seperti browser web. Nah, semua browser di pasaran sudah memiliki semacam mesin untuk menjalankan JavaScript.

Selama Codingers memiliki browser web, Anda dapat melihat hasil pengkodean JavaScript secara instan. Dengan cara ini Anda tidak perlu menginstal server web atau kompiler atau bahkan membuat perubahan konfigurasi apa pun pada sistem.

3. Komunitas yang Luas

Sebagai bahasa pemrograman yang paling populer, JavaScript memiliki komunitas pendukung yang sangat besar, sehingga Anda dapat dengan mudah mempelajari JavaScript.

Jika sewaktu-waktu Anda menemui masalah atau error, Anda bisa bertanya langsung ke komunitas, mereka akan dengan senang hati mencarikan solusi untuk Anda agar error tersebut bisa segera diperbaiki.

4. Ekosistem yang Besar

JavaScript adalah bahasa pemrograman dengan ekosistem yang besar. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, memiliki banyak framework JavaScript, library, dan plugin yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Dengan ekosistem yang hebat ini, sekarang JavaScript tidak hanya digunakan untuk membangun situs web sisi klien, JavaScript juga dapat digunakan untuk pengembangan backend, aplikasi seluler, dll.

wah banyak banget kan keuntungan belajar java script Codingers, Berikutnya mari mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk coding Java Script Codingers.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Belajar Java Script?

Belajar java script

1. Web Browser

Web Browser digunakan untuk menerjemahkan (menafsirkan) JavaScript ke dalam bahasa komputer. ini beberapa daftar web browser yang dapat Anda gunakan antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan lain-lain.

Baca lebih lanjut mengenai Cara Mengaktifkan Javascript Di Berbagai Browser jika para Codingers sedikit kesulitan mengenai penggunaan java script pada browser silahkan kunjungi link tersebut.

2. Code Editor

Code editor berfungsi untuk menulis sintaks atau kode program menjadi program Java Script yang lengkap. Beberapa code editor yang dapat dicoba antara lain Visual Studio Code, Sublime Text, dan Notepad++.

setelah sobat Codingers mempersiapkan keduanya, pastikan Codingers memahami dulu beberapa panduan dalam bahasa pemrograman Java Script.

Nah, sampai sini sobat Codingers pasti sudah sedikit memahami pondasi dasar untuk memulai belajar java script. langkah selanjutnya adalah memahami Aturan Penulisan Kode JavaScript dan Variable pada java script

Kesimpulan

Java Script adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Java Script ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya cocok untuk pemula. Untuk itu, mempelajari JavaScript sangat disarankan jika Anda ingin membuat website.

Jangan pernah berhenti belajar Sobat Codingers karna sumber kekayaan itu ilmu bukan uang. karena ketika kita mendapatkan ilmu kita bisa mengaplikasikannya menjadikan uang ataupun amal.

Sekian dari Losergeek Terimakasih telah membaca artikel kami semoga hidup Sobat senin selalu.

Website | + posts