Belajar Coding Autodidak

Belajar Coding Otodidak, emang Bisa? Begini Caranya!

Halo Guys Comback lagi dengan gw Losergeek. kali ini Mimin bakal bahas Belajar Coding otodidak. Emang bisa min? Jawabannya Bisa Banget!! kenapa? jadi Simak Terus Pembahasan Belajar Coding otodidak berikut ini….

1. Belajar dari algoritma dasar

langkah pertama jika Codingers ingin menjadi programmer yang dirancang secara otomatis adalah mempelajari algoritma dasar. Algoritma terutama dalam pemrograman adalah serangkaian pernyataan yang dibuat untuk memecahkan masalah secara sistematis. Penggunaan algoritma ini diimplementasikan dalam bahasa pemrograman. Jika Anda berhasil menguasai algoritma dasar, langkah selanjutnya untuk mempelajari pemrograman akan lebih mudah.

2. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Saat ini, bahasa pemrograman semakin beragam, perkembangannya juga lebih cepat. Namun, ia tidak berkewajiban untuk mendominasi semua itu secara bersamaan. Mulailah dengan memilih bahasa pemrograman yang lebih mudah dipelajari agar tidak kelebihan beban saat Anda belajar sendiri nanti.

HTML adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari sendiri, itu juga open source sehingga dapat digunakan secara gratis. Mereka tidak segera berpuas diri setelah kompeten dengan bahasa pemrograman tunggal. Cobalah untuk mengeksplorasi bahasa pemrograman lain yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, misalnya Java, Visual Basic, Phyton, C, PHP dan lainnya. Saat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kemampuannya akan meningkat dan tidak stagnan.

Baca juga : Pemrograman Web Adalah? Pengertian & Perkenalan

3. Buat Jadwal Belajar dengan Konsisten

Buku adalah sumber pengetahuan dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin belajar menjadi programmer yang dirancang secara otomatis. Anda dapat belajar melalui buku fisik atau buku elektronik yang membahas konsep dasar menjadi seorang programmer. Selain itu, sekarang ada banyak tutorial online seperti YouTube yang dapat membantu Anda belajar. Tentu saja, jika Anda ingin menganggap serius programmer, Anda harus rajin mencari referensi terkait seperti mulai menonton video dan membaca buku.

4. Belajar dari Buku dan Tutorial Online

Buku adalah sumber pengetahuan dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin belajar menjadi programmer yang dirancang secara otomatis. Anda dapat belajar melalui buku fisik atau buku elektronik yang membahas konsep dasar menjadi seorang programmer.

Selain itu, sekarang ada banyak tutorial online seperti YouTube yang dapat membantu Anda belajar. Tentu saja, jika Anda ingin menganggap serius programmer, Anda harus rajin mencari referensi terkait seperti mulai menonton video dan membaca buku.

5. Jangan Biasakan Copy Paste

Pada awal praktik itu bukan masalah jika copy paste, itu dimaksudkan sebagai pengantar awal untuk menjadi seorang programmer. Namun, jangan biarkan copy paste menjadi kebiasaan yang terus Codingers lakukan.

Setelah mengetahui beberapa konsep dasar, akan lebih baik bagi Anda untuk mengembangkan sintaks Anda sendiri untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas Anda. Menyalin kebiasaan pasta akan memiliki dampak yang buruk karena pengetahuannya tidak akan berkembang. Kemampuannya juga akan mandek karena dia hanya melihat tutorial yang ada

6. Biasakan Praktek Secara Langsung

Setiap bidang ilmiah harus dipraktikkan, karena untuk apa mempelajari teori tanpa praktik langsung. Khusus untuk seorang programmer, praktik adalah kewajiban bagi kemampuan untuk dikembangkan. Di awal latihan, Anda mungkin menemukan beberapa kesalahan.

Itu bukan masalah karena melalui kesalahan yang Anda buat akan menjadi bahan koreksi di masa depan. Tidak ada ahli yang dilahirkan langsung dengan keterampilan mereka, serta seorang programmer. Latihan konstan adalah kunci dari pengalaman Anda.

7. Evaluasi Hasil

dari hasil latihan yang dilakukan, tentu saja Codingers akan menemukan beberapa kesalahan. Kesalahan ini dapat menjadi bahan evaluasi yang merupakan peningkatan tambahan. Jangan puas ketika berhasil membuat program, terus belajar dan mengevaluasi hasilnya. Bisa jadi program yang Codingers lakukan mengalami pemurnian, sehingga membutuhkan peningkatan tambahan.

Jika Codingers telah mencoba menyelesaikannya tetapi tidak berhasil, maka inilah saatnya untuk bertanya kepada ahli. Mereka akan memberikan evaluasi program yang telah Anda buat. Jadikan entri para ahli sebagai pelajaran yang berharga. Saat selalu mengevaluasi hasil, tidak hanya kemampuan untuk program meningkat tetapi juga kemampuan untuk menyelesaikan masalah

8. Bergabung dengan Komunitas Programmer

Kebanyakan orang akan lebih bersemangat belajar jika mereka berada di lingkungan yang merupakan frekuensi dengan mereka. Itulah pentingnya memasukkan ke dalam komunitas untuk tetap ingin belajar dan meningkatkan keterampilan.

Bergabung dengan komunitas memungkinkan Anda untuk bertukar ide dengan mudah dengan programmer lain, terutama jika keterampilan Mereka lebih dari Codingers. Peluang untuk mendapatkan proyek juga lebih tinggi karena umumnya di antara masyarakat mereka sering berbagi lowongan kerja.

Baca juga : Pengertian Front End dan Back End Developer

9. Jangan Mudah Menyerah

Faktanya, kegagalan itu sebenarnya merupakan keberhasilan yang tertunda, sehingga tidak mudah menyerah saat memenuhi kegagalan. Ingat tujuan awal yang Anda inginkan menjadi seorang programmer untuk kembali ke antusiasme saat menemukan kesulitan. Seorang ahli tidak mudah menyerah, tidak ada masalah yang gagal sekali atau dua kali, yang paling penting adalah menjaga semangat tetap menyala di hati.

Oleh karena itu, tinjauan menjadi programmer yang mengamati diri, tidak mudah melalui proses, tetapi akan memilih hasil kerja keras di masa depan. Jangan berhenti untuk terus belajar dan, tentu saja, cukup istirahat. Bukan tidak mungkin pengetahuan tentang pemrograman untuk dipelajari dengan Autodidak. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Terimakasih teman-teman sudah membaca sampai akhir mengenai artikel kita kali ini yaitu Belajar Coding otodidak.

Website | + posts