Arti Codingan

Arti Codingan? Begini Penjelasannya untuk Pemula

Halo Guys Comback lagi dengan gw Losergeek kali ini gw akan membahas tentang Arti Codingan? Begini Penjelasannya untuk Pemula.

Terlepas menurut profesi Codingers sekarang, Codingers mungkin tidak asing menggunakan kata coding. Apalagi bila kalian ini beranjak pada industri kerja yg herbi teknologi. Banyak profesi IT yg membutuhkan kemampuan coding misalnya aplikasi engineer, web development, data scientist, & sebagainya.

Banyaknya perusahaan yg membutuhkan profesi IT & memperlihatkan gaji yg tinggi menciptakan profesi IT ini sebagai poly diminati. Salah satu kemampuan dasar yg wajib dipelajari merupakan coding. Arti Codingan? Apa saja manfaat memeriksa coding & bagaimana cara memulainya? Yuk, simak penerangan lengkapnya pada bawah ini.

Arti Codingan

Jadi sobat Codingers, Arti Codingan? sendiri adalah cara kita berkomunikasi dengan komputer. Kode yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukan dan menulis kode ini seperti membuat serangkaian instruksi.

Gimana apakah sudah sedikit jelas sobat Codingers? apa masih sedikit bingung? mari kita ulik sedikit lebih dalam okee…

Saat ini, Sobat Codingers bisa menemukan bahasa pemrograman yg tersedia pada banyak sekali jenis bahasa Pemograman. beberapa bahasa pemrograman yg terkenal antaranya merupakan C++, Python, Java, Ruby, & lain-lain.

Mengenal Lebih Jauh tentang Bahasa Pemrograman

seluruh bahasa pemrograman pasti memiliki aturan penulisan berbeda-beda yang dikenal dengan istilah sintaks.

Contoh bahasa pemrograman bentuk yang sederhana, bisa kamu lihat di bawah ini:

Print(“Selamat datang”)

Dalam kode tersebut, programmer menginstruksikan komputer untuk menulis kata “Selamat Datang” dalam bahasa pemrograman Python. Ada 3 langkah dalam penulisan kode, yaitu:

  • Programmer memberikan perintah kode dan menulis “Selamat datang”, dengan perintah: print(“Selamat datang”).
  • Setelah itu kode tersebut kemudian akan di-compile sehingga berubah menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh komputer.
  • dan yang terakhir, Komputer akan mengeksekusi kode perintah tersebut dan menuliskan kata Selamat datang di layar.

Hal penting yang perlu Codingers tau adalah memperhatikan penulisan kode bahasa Pemograman yaitu terkait sintaks.

Setiap bahasa Pemograman pasti memiliki aturan ketat dalam penulisan kode. hal ini memang harus di perhatikan lebih teliti ya, karna jika Codingers melakukan kesalahan dalam penulisannya, kode tidak akan bisa di compile atau di eksekusi. ini sangat berbahaya sekali.

Nah ada hal penting lagi yang perlu Codingers tau nih, jadi sebenarnya proses Compile dari berbagai bahasa pemograman itu beda – beda loh. ada beragam bahasa pemrograman berdasar proses kompilasinya. jadi apa saja nih sobat Codingers?

  • Compiled language 
    Bahasa pemrograman yang harus diterjemahkan terlebih dahulu oleh program yang disebut kompiler. Tujuannya adalah bahwa bahasa lebih mudah dipahami untuk komputer. Misalnya, C, C ++ dan GO.
  • Interpreted language
    Bahasa pemrograman yang dapat dieksekusi secara langsung tanpa perlu terjemahan kompiler. Misalnya, Javascript dan Phyton.
  • Just In Time (JIT) language
    Bahasa pemrograman yang diterjemahkan oleh kompiler saat program dieksekusi. Misalnya, JavaScript, C+dan Java.

Sintaks bahasa pemrograman tidak boleh ditulis dengan asal lho Codingers. Ada aturan sintaks dari bahasa pemrograman tertentu yang perlu sobat Codingers patuhi.

Terus kalau melenceng kesana kemari gimana min?

Jika menulis baris kode tidak cocok dengan sintaks bahasa pemrograman yang Anda pilih, komputer tidak akan dapat menjalankan perintahnya.

Gimana? ngeri bukan sobat Codingers.

Kesimpulan

Arti Codingan? sendiri adalah cara kita berkomunikasi dengan komputer. Kode yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukan dan menulis kode ini seperti membuat serangkaian instruksi.

Sekian untuk Penjelasan mengenai Arti Codingan? kali ini Codingers. Pantengin terus pembahasan Asik dan seru Mengenai Design dan Programing Sobat Codingers. Terimakasih….

Website | + posts