Aplikasi Sederhana Excel – Apakah Bisa Membuat Aplikasi Hanya Dengan Excel ?

Aplikasi Sederhana Excel – Awalnya saya membahas aplikasi data dan profil siswa ini di blog Excel Science, tetapi saya akan mencoba memberikan gambaran dan cara membangun aplikasi data dan profil siswa ini tanpa menggunakan makro atau VBA.

Aplikasi ini saya beri nama Aplikasi Data Siswa Ver.02 karena pada aplikasi Ver.01 tidak terdapat database siswa yang lengkap.

Saya yakin dan setelah pengujian dengan browsing di Google, ada banyak orang yang memposting aplikasi yang saya buat.

Saya sengaja membuat aplikasi ini gratis beserta cara membuatnya. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Excel yang saya bahas di blog sebelumnya. Nah, untuk lebih jelasnya simak screenshot aplikasinya

Aplikasi Sederhana Excel

Aplikasi Sederhana Excel

Dari tampilan aplikasi di atas sangat sederhana, hanya dengan memasukkan NIS maka nama dan profil siswa akan otomatis muncul dan hal ini dikarenakan data yang diambil adalah database siswa yang dimasukkan.

Bagaimana cara membuat aplikasi Profil dan Data Mahasiswa ini? Aplikasi ini memiliki 3 lembar, yang pertama adalah lembar aplikasi, yang kedua adalah lembar DB, dan yang ketiga adalah lembar data. Silakan ikuti langkah-langkah ini untuk membuatnya:

Nah, itu saja tentang cara membuat profil dan aplikasi data siswa menggunakan Excel tanpa makro. Saya harap Anda dapat memahami apa yang saya katakan di atas.

Atau jika kurang paham dengan tutorial diatas silahkan download file excelnya dari Aplikasi Data Siswa yang saya buat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa hampir 90 persen perusahaan menggunakan Excel untuk kegiatan penganggaran, perencanaan, dan peramalan. Selain itu, software ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi Excel gratis.

Software akuntansi adalah alat untuk menyusun laporan keuangan. yaitu laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan laporan perubahan modal.

Laporan keuangan akhirnya akan dianalisis sehingga manajemen internal dapat mengambil keputusan darinya.

Untuk membuat keputusan yang baik, laporan keuangan harus berasal dari data transaksi yang valid dan akuntabel.

Aplikasi Excel Perhitungan Pajak Penghasilan

Program akuntansi harus memiliki formulir untuk memasukkan data transaksi. Itu harus memiliki formulir input untuk tanggal transaksi, detail transaksi, nama akun, dan debit dan kredit untuk selalu seimbang.

Transaksi ini kemudian akan disimpan dalam buku besar. Laporan neraca saldo merangkum jumlah uang berdasarkan akun. Dan terakhir laporan keuangan.

Program akuntansi biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mampu menggunakan PHP, Python, Visual Basic dan bahasa lainnya.

Menggunakan bahasa pemrograman ini akan memisahkan antara script dan database. Basis data yang digunakan dapat berupa postgre, mysql, dll.

Sehingga program yang dibuat mampu menampung banyak transaksi, cepat dan memiliki keamanan yang baik.

Selain bahasa pemrograman, laporan keuangan Excel otomatis juga dapat dibuat menggunakan Microsoft Excel. Caranya adalah dengan menggunakan rumus di Excel.

Buat lembar yang relevan, seperti menu, bagan akun (COA), jurnal, buku besar, neraca saldo, dan laporan keuangan. Rumus-rumus ini akan dihubungkan antar lembar, sehingga perhitungan akan dilakukan secara otomatis.

Aplikasi Sederhana Excel

Salah satu fitur terbaik Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus. Anda dapat menggunakan rumus untuk menghitung nilai baru, menganalisis data, dan lainnya. Tapi kesalahan kecil saat mengetik rumus bisa membuat sedikit jalan memutar.

Jadi saya suka menggunakan rentang. Rentang adalah sel tunggal atau kumpulan sel yang kita beri nama. Tujuannya agar kita tidak perlu mengingat posisi sel saat membuat rumus. Contoh:

Nilai rentang adalah kumpulan nilai yang membentang antara nilai maksimum dan nilai minimum. Rentang menentukan penyebaran nilai dalam kumpulan data apa pun.

Visual Basic for Applications (VBA) adalah fitur yang kami gunakan ketika rumus standar Excel tidak dapat memenuhi kebutuhan kami. Saya menggunakan VBA ini saat membuat laser.

Dengan VBA, saya menginstruksikan Excel untuk memfilter jurnal umum, berdasarkan kriteria akun dan bulan.

Pengalaman saya menggunakan rumus di Excel, semakin banyak transaksi, semakin lama program dibuka. Solusinya sebenarnya bisa dengan menambahkan fitur komputer. Tapi itu adalah pilihan yang mahal. Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan VBA.

Input hanya akan dilakukan pada lembar jurnal. Dari transaksi di jurnal, Anda akan diminta untuk memasukkan akun yang sesuai.

Misalnya, ada transaksi investasi oleh pemilik sebesar Rp100 juta. Kemudian di sebelah debet jurnal adalah Bank dan di sebelah kredit adalah Modal 100 juta.

Misalnya, rekening bank adalah 102 dan modal adalah 300. Oleh karena itu, berdasarkan nomor akun unik ini, dibuat formula untuk menarik transaksi yang terkait dengan akun ini ke buku besar.

Kemudian neraca saldo akan mendapatkan saldo akhir. Dan lembar laporan keuangan akan mendapatkan data dari neraca saldo untuk ditampilkan.

Membuat Payroll Sederhana Dengan Aplikasi Microsoft Excel

Halo sobat muda, apa kabar?… Semoga baik-baik saja ya, kali ini kami akan merevisi dan menjawab semua pertanyaan Anda tentang cara membuat a. Formulir di Smt. Excel, lihat saja. Kali ini saya menggunakan Excel 2013.

Selanjutnya rename sheet menjadi Data_siswa, ini saya! Mungkin kalau nama kamu bisa yang lain.. hehe. Lihat gambar di bawah ini

Selanjutnya sekarang kita akan masuk ke ruang makro dengan menekan tombol shortcut ALT + F11, setelah masuk ke ruang makro, klik kanan pada proyek VBA dan pilih Insert lalu pilih UserForm, seperti gambar di bawah ini.

Nah, teman muda saya dapat melihat bahwa kedengarannya sangat sederhana! Jadi bagaimana Anda membuatnya tidak begitu sederhana? Ayo ubah tampilan dengan lebih WOOOOOW…

Dengan mencari Picture Properties di bagian Properties, seperti gambar di bawah ini, klik Browse dan tentukan gambar yang ingin kita gunakan.

Setelah kita klik, maka akan muncul pilihan gambar yang kita miliki di perusahaan kita, lalu klik OPEN… taraaaaa.

Langkah selanjutnya, jika gambar tidak muat di ruang kerja kita, kita buat full screen dengan mode stretch, sebagai berikut. Setelah itu buat setiap area, dan Ms. Excel

Selanjutnya, ubah nama properti kotak teks menjadi nama variabel yang akan kita gunakan nanti dengan mengklik kotak teks dan kemudian mengklik nama properti, lakukan ini untuk setiap kotak teks yang Anda buat.

Sekarang, kita akan mengubah label teks menjadi transparan dengan memilih bagian label satu per satu, lalu kita ubah propertinya. Lihat gambar di bawah ini

Ok sekarang kita akan membuat tombol record dan tombol exit, caranya klik tombol menu pada toolbox. Seperti pada gambar di bawah ini

Ok, sekarang langkah selanjutnya kita akan mengerjakan pengkodean VBA, caranya klik dua kali pada tombol input data, atau pilih kode tampilan dengan mengklik kanan tombol.

Ingat! Coding di atas adalah coding yang berfungsi untuk Ms untuk memasukkan data ke form. Excel, jadi codingnya untuk tombol input data, lihat nama property “CMDMASUK”.

Disini saya tidak akan memberikan informasi tentang coding, mungkin anda bisa menganalisanya untuk menganggapnya otodidak, hehehe ok…?!!

OK, sekarang kita akan membuat tombol panggil program dengan membuat bentuk dari menu Sisipkan di Miss.

Excel, lalu klik kanan dan pilih Tetapkan Makro. Dalam menjalankan bisnis, dukungan teknologi sangat penting untuk membantu bisnis Anda berkembang.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola transaksi penjualan.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat Anda gunakan dengan mudah melalui laptop dan membuat transaksi Anda lebih bersih dan mudah.

Tidak perlu khawatir dengan masalah harga karena ada banyak aplikasi kasir excel gratis full version yang bisa Anda pilih untuk digunakan.

Aplikasi Sederhana Excel

Dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu bisnis Anda untuk proses evaluasi yang tentunya akan menjalankan bisnis Anda lebih efisien dan efektif. Sebab, tidak perlu melakukan perekaman manual.

Jika demikian, mari kita lihat beberapa aplikasi kasir Excel gratis yang dapat Anda coba dan di mana Anda dapat mengunduhnya.

Aplikasi jenis ini biasa digunakan untuk keperluan komersial seperti penjualan dengan toko kelontong, supermarket, bahkan toko online.

Pada dasarnya aplikasi kasir ini dibangun menggunakan Microsoft Excel dengan menggunakan rumus Excel, VBA macro, form Excel, database dan fitur lainnya.

Cara kerja aplikasi kasir ini sebenarnya jauh lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Ada 3 langkah cara kerja aplikasi Kasir Excel gratis ini.

Pelanggan mengunjungi toko offline/online untuk membeli barang. Kasir mencatat dan menghitung pesanan menggunakan alat POS (Point of Sale), yaitu pemindai kode batang.

Sistem POS mencari data barang dagangan. Setelah memindai barcode yang ditempelkan pada barang, harga barang akan otomatis muncul di sistem POS (Point of Sale).

Sistem POS melakukan perhitungan. Sistem POS juga akan secara otomatis menghitung dan mencatat penjualan. Aplikasi Kasir Excel gratis akan langsung menghitung hasil penjualan serta potongan pajak dan lainnya.

Pembayaran pelanggan. Setelah itu, konsumen membayar sesuai dengan nominal yang tertera di layar kasir. Dapat membayar dengan uang tunai, kartu kredit,

Aplikasi [sumber Elektronis] Dan Macro Excel Untuk Beragam Keperluan Bisnis

Aplikasi pembukuan sederhana excel download, aplikasi akuntansi sederhana dengan excel, membuat aplikasi sederhana dengan excel, membuat aplikasi excel sederhana, aplikasi sppd excel sederhana, aplikasi kasir sederhana dengan excel, aplikasi kasir excel sederhana, aplikasi stok barang sederhana excel, aplikasi pembukuan sederhana excel, aplikasi excel sederhana, aplikasi toko sederhana dengan excel, aplikasi keuangan excel sederhana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *