Apa itu Bahasa Coding

Apa itu Bahasa Coding?

Siapa bilang belajar kode harus memakan waktu dengan semua hal rumit itu?

Anggapan ini tidak lagi benar karena para peneliti telah membuat beberapa inovasi untuk membuat pembelajaran tentang desain berbantuan komputer dan pengembangan web menjadi lebih mudah.

Alat penting bagi pengembang web adalah pengkodean. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai hal tentang coding yang akan membuat belajar coding lebih mudah, terutama untuk pemula.

Mari kita simak uraiannya, mari kita mulai dengan mengetahui apa itu coding.

Apa Itu Coding?

Coding adalah proses bekerja dengan kode menggunakan bahasa pemrograman, mulai dari menulis hingga meningkatkan hingga memelihara. Kode yang dimaksud adalah alat untuk membuat program komputer.

Sedangkan bahasa pemrograman adalah standar yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer. Jenis bahasa ini terdiri dari seperangkat aturan sintaks dan semantik sehingga program komputer dapat didefinisikan.

Bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia antara lain Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C, JavaScript, C#, Objective-C, dan ActionScript.

Apa Saja yang Dibutuhkan dengan Ngoding?

Pertanyaan semacam ini perlu dijawab karena harus jelas manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari belajar coding.

Hasil kerja coding kita nantinya bisa digunakan di banyak produk yang bermanfaat. Bagi saya, coding berguna untuk melatih akurasi. Mengapa? Karena dengan belajar coding, kita belajar memahami dan mengamati ratusan bahkan ribuan kode yang ada dalam sebuah program.

Belajar coding juga membantu dalam melatih daya pikir Anda. Saat coding, kami berlatih mengikuti logika membuat algoritma.

Sehingga kita dapat membuat rangkaian formulasi yang akan memudahkan dan menyederhanakan semua permasalahan pemrograman.

Melatih otak dan berpikir Anda dengan coding pada akhirnya akan meningkatkan potensi Anda.

Situs yang mendukung pembelajaran coding termasuk Coursera, Github, Codecademy, Udemy, edX, Khan Academy, Code Avengers, dan W3schools.com.

Melihat begitu banyak situs yang mempromosikan pembelajaran coding membuat kami bersemangat untuk belajar coding!

Ngoding Melalui Website

Setelah mengetahui apa itu coding dan manfaatnya, bagaimana cara memulainya? Khusus untuk pemula, walaupun belajar sistem otodidak, bisa jadi bingung untuk memulai belajar coding.

Bahkan jika Anda ingin belajar membuat kode sendiri, jangan khawatir jika Anda buntu. Karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak situs web dan alat komputer yang dapat membantu Anda belajar coding.

Mari kita lihat langkah-langkah berikut terkait dengan pengkodean web:

Mempelajari Html

HTML adalah inti dari web secara keseluruhan. Belajar coding HTML itu mudah dan Anda tidak perlu tahu basic coding terlebih dahulu.

Cara terbaik untuk belajar HTML adalah dengan menggunakan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Mempelajari CSS

CSS dan PHP sangat berguna untuk memahami dan membuat website yang indah, menarik dan dinamis yang menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan Anda.

Upgrade Sedikit ke PHP

Setelah Anda terbiasa dengan HTML dan CSS dan memahami cara kerjanya, lanjutkan studi Anda dalam pemrograman web dengan PHP. Ini berarti Anda akan memulai pelajaran pemrograman komputer.

Dengan mempelajari PHP, berarti Anda dapat belajar mengontrol alur logika, memproses hasil dalam bentuk HTML, berkomunikasi dengan database seperti MySQL.

Jika Anda berhasil membangun website dengan PHP, jangan lupa untuk menyimpan datanya ke database.

Lanjut ke JavaScript

JavaScript adalah kelas dengan PHP, yang merupakan bahasa pemrograman murni.

JavaScript akan membuat situs web Anda interaktif dan juga membuat visual Anda lebih artistik. Ini adalah bahasa pemrograman yang menggunakan konsep berorientasi objek.

Kesimpulan

Belajar kode adalah proses bekerja dengan kode menggunakan bahasa pemrograman, mulai dari menulis, meningkatkan, hingga memelihara.

Kode yang dimaksud adalah alat untuk membuat program komputer. Coding juga sangat berguna untuk melatih daya pikir Anda.

Saat coding, kami berlatih mengikuti logika membuat algoritma. Sehingga kita dapat membuat rangkaian formulasi yang akan memudahkan dan menyederhanakan semua permasalahan pemrograman.

Website | + posts