Apa Fungsi Dari Visual Basic?

Apa Fungsi Dari Visual Basic? -Pengembangan Program Ada beberapa definisi singkat yang harus dipahami ketika mengembangkan program dengan VB, antara lain: Kontrol, yaitu.

Fungsi Dari Visual Basic adalah program yang dapat menerima nilai yang berbeda dan memberikan beberapa umpan balik.

FUNGSI Visual FoxPro menyediakan banyak fungsi yang biasa digunakan dalam pemrograman. Fungsi-fungsi tersebut meliputi fungsi konversi, fungsi string,

ABS Menentukan nilai absolut dari nilai numerik. Format umum =ABS(x) X= Nilai atau alamat sel yang berisi nilai numerik atau rumus yang dihasilkan.

Fungsi Dari Visual Basic

Apa Fungsi Dari Visual Basic?

COMMAND SHORTCUT Tombol Hapus untuk menghapus satu karakter di sebelah kanan kursor Tombol spasi mundur untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor.

Fungsi String Fungsi string digunakan untuk memanipulasi nilai tipe string, yaitu nilai yang dapat berisi teks, angka, atau simbol khusus.

Apa Fungsi Dari Visual Basic?

FUNGSI DASAR VISUAL BASIC 6.0 BAB V FUNGSI DASAR STANDAR VISUAL BASIC 6.0 5.1 Jenis Fungsi Fungsi standar dalam Visual Basic memiliki beberapa jenis fungsi, seperti:

Fungsi Tanggal, Fungsi Waktu dan Fungsi String 5.1.1 D. History Menghasilkan history dari sistem komputer b. Date (tanggal) Mengembalikan data tanggal c.

Bulan(tanggal) Mengembalikan bulan dari tanggal d. Tahun(tanggal) Mengembalikan data selama satu tahun. Nilai Tanggal (Tanggal) Mengembalikan rentang tanggal antara 1 Januari 100 dan Desember 9999.

Cara Menggunakan Fungsi Left, Mid Dan Right

5.1.2 Fungsi Waktu a. Waktu Waktu untuk membuat sistem komputer b. Clock Mengembalikan jam dari data waktu c. Menit Mengembalikan menit dari data waktu d. Second Mengembalikan detik dari data waktu 5.1.3 Fungsi String a. & garis penghubung Contoh :

a = “Selamat Belajar” b = “Visual Basic” Cetak a & b Hasil : Selamat Belajar Visual Basic

B. StrConv(String, ConversionType) Mengonversi string ke bentuk huruf/huruf yang diinginkan Vblowercase :

Bentuk huruf kecil Vbuppercase : Bentuk huruf besar Vbpropercase : Bentuk kapital di awal kata c. Len menghitung panjang karakter sebuah string

Contoh: Kalimat = “Selamat Belajar Visual Basic” Len(kalimat) d. String Mengabaikan spasi awal dan akhir. Left(String) Mendapatkan jumlah karakter dari kiri string ke-n. Contoh : Nama = “Maranto Marbuno Capricano” Cetak Kiri (nama, 3) Hasil : Mar

F. Mid (Baris) Mengambil karakter sebanyak n dari posisi n Contoh : Nama =”Maranto Marbuno Capricano” Cetak Tengah(nama, 2, 5) Hasil :arant g. Kanan(Kanan) Mendapatkan jumlah karakter mulai dari kanan baris sama dengan n.

Contoh : Nama = “Maranto Marbuno Capricano” Hak Cetak(nama, 4) Hasil : cano h. Str(Number) Mengonversi tipe data angka menjadi data karakter

5.1.4 Fungsi Numerik a. Abs(expresi_numeric) Mengembalikan nilai absolut dari ekspresi numerik b. Cos(expresi_numeric) Mengembalikan nilai sudut Cosinus c.

Sin(ekspresi_numerik) Mengembalikan nilai sudut Sinus b. Tan (angka_ekspres) Nilai sudut singgung b. Log(numeric_expression) Mengembalikan nilai sudut Logaritma

 Aplikasi Visual Basic 6.0 Dan Visual Studio Net

Rancang formulir untuk membuat data tanggal sebagai berikut: Latihan 8 Rancang formulir untuk membuat data tanggal seperti di bawah ini:

Kode program: Private Sub Form_Activate() txttglhari.Text = Date txtdate.Text = Date(txttglhari.Text) txtbulan Text = Bulan (txttglhari.Text) txttahun.Text = Tahun(txttglhari.Text) End Sub

Rancang formulir untuk menghasilkan data waktu sebagai berikut: Latihan 9 Rancang formulir untuk menghasilkan data waktu sebagai berikut:

Kode program: Private Sub Form_Activate() txttime.Text = Time txtjam.Text = Hour(txttime.Text) txtminute.Text = Menit (txttime.Text) txtsecond.Text = Second(txttime.Text) End Sub

Latihan 10 Program Kode : Private Sub optlower_Click() Label1.Caption = StrConv(Label1, vbLowerCase)

Private Final Sub optproper_Click() Label1.Caption = StrConv(Label1, vbProperCase) Private Suboptproper_Click() Label1.Caption = StrConv(Label1, vbUpperCase)

Latihan 11 Kode Program: Sub Form_Load() txtleft.Text = Left(Label1.Caption, 3) txtmid.Text = Mid(Label1.Caption, 2, 5) txtright.Text = Right(Label1.Caption, 4) End Basic Language itu pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman dalam Bahasa Dasar dapat dilakukan.

Dengan mudah bahkan oleh orang yang baru belajar pemrograman. Ini bahkan lebih mudah setelah tersedianya Microsoft Visual Basic, yang lebih mudah daripada ide untuk membuat bahasa skrip yang sederhana dan mudah

(simple scripting language) untuk antarmuka pengguna grafis yang dikembangkan di sistem operasi Microsoft Windows.

Digital Library Univ Stekom

Sejarah Visual Basic dimulai dengan perkembangan bahasa BASIC (Introductory All-Purpose Educational Code) di Dartmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an.

Pada tahun 1982 Personal Computer/PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft juga mengembangkan sistem operasi MS-DOS untuk komputer yang didalamnya terdapat Bahasa Dasar yang dikenal dengan Quick Basic (QBASIC).

Pada tahun 1990 era DOS telah berakhir dan era Windows telah ada, dari perkembangan ini akhirnya Microsoft membuat versi Windows Basic, bahasa pemrograman Basic ini dikenal dengan Visual Basic dan versi terbaru adalah MS Visual Basic 6.0 untuk Windows 98.

Berangkat dari latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalah yang dibahas dalam artikel ini sebagai berikut:

Pengenalan Visual Basic

Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan pengguna untuk lebih kreatif dalam mengembangkan program aplikasi pada Microsoft Windows.

Hal ini terlihat pada pengembangan aplikasi Visual Basic yang menggunakan pendekatan Visual untuk mendesain user interface dalam bentuk form, sedangkan coding menggunakan dialek bahasa Basic yang mudah dipelajari.

Visual Basic telah menjadi alat yang terkenal untuk pemula dan pengembang dalam mengembangkan aplikasi kecil dan besar.

Di lingkungan Windows, User Interface memegang peranan penting karena dalam menggunakan aplikasi yang kita buat, pengguna selalu berinteraksi dengan User Interface tanpa menyadari bahwa di baliknya sedang menjalankan instruksi program yang mendukung tampilan dan pemrosesan yang dilakukan.

Di luar Ledakan penggunaan Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain di sistem operasi Windows melalui komponen ActiveX Control yang memungkinkan pengguna untuk memanggil semua model data yang tersedia di sistem operasi Windows. .

Visual Basic 6.0 ditingkatkan dari versi sebelumnya dengan menambahkan beberapa fitur yang sedang tren, seperti kemampuan pemrograman Internet dengan DHTML (

Dan beberapa peningkatan database dan peningkatan fitur multimedia Visual Basic 6.0 masih menjadi pilihan pertama untuk menyediakan program aplikasi di pasar perangkat lunak nasional. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam implementasi proses pengembangan aplikasi.

Pengenalan Fungsi Fungsi String Pada Vb.net

Awal dari Visual Basic 6.0 sangat sederhana dan mudah diingat. Representasi dari jendela Visual Basic 6.0 dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Jika Toolbox tidak muncul, klik tombol Toolbox (   ) di bagian Tollbar atau klik menu View > Toolbox.

Jendela Formulir adalah objek yang digunakan untuk pekerjaan aplikasi di mana objek lain ditempatkan. Di dalam Formulir ada Grid

Jika jendela Form tidak terlihat, klik tombol View Object ( ) di bagian Project Explorer atau klik menu View > Object.

Fungsi Standard Visual Basic 6.0

Jika Jendela Kode tidak muncul, klik tombol Lihat Kode ( ) di bagian Project Explorer atau klik menu Lihat > ​​Kode.

Jika Project Explorer tidak muncul, klik tombol Project Explorer ( ) di bagian Toolbar atau klik menu View > Project Explorer.

Jendela Properties digunakan untuk menentukan pengaturan untuk suatu objek, mendefinisikan bagaimana objek berperilaku ketika program dijalankan, seperti warna, font, dan pengaturan lainnya.

Jika jendela Properties tidak muncul, klik tombol Properties Window ( ) pada Toolbar atau klik menu View > Properties Window.

Pertemuan 4 Pemrograman Visual

Menampilkan ruang kerja (Workspace) Visual Basic 6.0 terintegrasi untuk membuat program aplikasi. Ruang kerja terintegrasi ini disebut IDE (Integrated Development Environment).

Menu Kontrol adalah menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Melalui menu ini kita dapat memaksimalkan, mengubah ukuran dan menutup jendela Visual Basic. Perintah yang tersedia di Menu Kontrol adalah sebagai berikut:

Menu Visual Basic berfungsi sebagai baris perintah untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Kita bisa menggunakan mouse untuk menggunakan perintah yang disediakan atau menggunakan kombinasi tombol ALT + Keyword.

Form Window bertindak sebagai media kerja kami. Melalui Form Window kita dapat membuat berbagai objek interaktif, seperti teks, gambar, dll. Merupakan objek yang digunakan sebagai tempat menjalankan program aplikasi. Saat kita membuat Project Bar, Form Window akan secara otomatis disediakan oleh Visual Basic.

Shortcourse Series Visual Basic 2013

Toolbox berisi ikon-ikon yang nantinya akan digunakan dalam pengembangan program aplikasi. Kita juga dapat memodifikasi Toolbox, misalnya menambahkan ikon dengan memilih > Menu Komponen Proyek.

Jendela Project Explorer adalah jendela yang berisi semua file dalam aplikasi Visual Basic. Dalam Visual Basic, setiap aplikasi disebut Proyek, dan setiap Proyek dapat berisi lebih dari satu file, seperti formulir, modul, kelas, dll.

Windows Properties adalah jendela yang berisi semua informasi tentang objek dalam aplikasi Visual Basic. Aplikasi ini berfungsi sebagai aturan dan fitur dari suatu objek. Pertimbangkan untuk mengubah tinggi objek, warna objek, dll.

Apa Fungsi Dari Visual Basic?

Setting IDE Visual Basic dapat dilakukan melalui menu Tools. Pengaturan opsi dapat disesuaikan dengan selera dan kebiasaan programmer untuk membuatnya bekerja dengan baik dan efisien. Dimulai dengan Visual Basic 6.0, Visual Basic IDE memperkenalkan Lingkungan Pengembangan MDI, dan beberapa hal dapat diatur menggunakan menu Alat, opsinya adalah sebagai berikut:

Salah Satu Kegunaan Dari Visual Basic 6.0 Adalah Untuk Membuat

Fungsi visual basic, fungsi visual basic 6.0, basic visual studio, visual basic 6, visual basic, download visual basic 6, apa itu visual basic, download visual basic 2015, visual basic download, fungsi dari visual basic, visual basic coding, visual basic excel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *